Home » » 7 Alasan Pentingnya Kematangan Teknik Bagi Seorang Praktisi Bela Diri

7 Alasan Pentingnya Kematangan Teknik Bagi Seorang Praktisi Bela Diri


Instagram


7 Alasan Pentingnya Kematangan Teknik Bagi Seorang Praktisi Bela Diri - Menurut pendapat saya, ada 3 komponen penting yang mesti dimiliki oleh seorang praktisi bela diri. Tiga komponen itu adalah kematangan teknik, kecepatan, dan kekuatan. Di sini kita membahas tentang kematangan teknik terlebih dahulu.

Kematangan teknik adalah kesempurnaan koordinasi gerak anggota tubuh ketika melakukan suatu teknik bela diri. Teknik di sini mencakup keseluruhan teknik yang ada di dalam bela diri, termasuk gerakan yang terkecil sekalipun.

Mengapa kesempurnaan teknik itu penting? Karena tanpa teknik yang sempurna Anda akan gagal menyelesaikan suatu pertarungan. Contoh yang mudah misalnya kuda-kuda. Bila kuda-kuda Anda salah, Anda bisa jatuh sendiri ketika melakukan suatu teknik tendangan. Contoh lain teknik bantingan. Bila kuda-kuda atau teknik bantingan Anda salah, Anda akan gagal menjatuhkan lawan. Salah-salah malah Anda yang jatuh. Untung kalau tidak tertindih badan lawan setelah itu.

Kematangan teknik adalah awal yang harus dilalui seorang siswa bela diri. Lebih penting daripada kecepatan dan kekuatan. Bila teknik Anda sudah matang, Anda tidak akan memerlukan tenaga yang besar untuk membanting lawan, misalnya. Pun Anda tidak perlu terlalu cepat melakukannya, hanya dengan kecepatan yang wajar. Namun bukan berarti unsur kekuatan dan kecepatan itu tidak penting. Hanya urutannya setelah kematangan teknik. Urutan yang ideal menurut pendapat saya ialah kematangan teknik, kecepatan, dan kekuatan.

Ada beberapa tips untuk mencapai kematangan teknik. Antara lain:
  • Berlatihlah dengan pelatih bela diri yang terpercaya. Pelatih yang baik mengetahui seluk-beluk teknik yang baik dan benar, bisa membimbing Anda mencapai kematangan teknik
  • Jangan hanya meniru teknik yang diajarkan. Pahamilah mengapa teknik tersebut harus dilakukan dengan cara semacam itu, tidak dengan cara lain
  • Jangan terburu-buru meningkatkan kecepatan. Kuasailah tekniknya terlebih dahulu, baru meningkatkan kecepatan. Sering kita lihat di dalam latihan gerakan yang cepat namun tidak matang. Gerakan yang cepat namun tidak matang adalah gerakan rusak yang tidak akan menghasilkan sukses di dalam pertandingan atau pertarungan sebenarnya
  • Rajin-rajinlah berlatih. Semakin sering berlatih semakin matang teknik yang Anda punyai
Demikianlah pembahasan tentang kematangan teknik. Kita akan membahas tentang unsur kecepatan di dalam artikel saya selanjutnya.
Instagram
7 Alasan Pentingnya Kematangan Teknik Bagi Seorang Praktisi Bela Diri
ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Read another article:

Gunakan bahasa yang sopan, untuk meninggalkan komentar anda!!
Use polite language, to leave your comment!!

Line/ig/Fb/tweet: JasondaLazuardy

0 komentar:

Poskan Komentar

leave comment