Home » » 7 Komando Utama TNI Angkatan Laut Indonesia

7 Komando Utama TNI Angkatan Laut Indonesia


Instagram


7 Komando Utama TNI Angkatan Laut Indonesia - TNI Angkatan Laut merupakan bagian dari TNI yang bertugas untuk mengamankan lautan Indonesia, dalam menjalankan tugasnya TNI Aangkatan laut dibagi menjadi beberapa komando utama yang memiliki tugasa masing masing. Ingin tahu komando apa aja yang ada di TNI AL simak 7 Komando Utama TNI Angkatan Laut berikut ini.

1. Komando Armada Barat

Komando Armada RI Kawasan Barat atau disingkat Koarmabar adalah salah satu Komando Utama TNI Angkatan Laut. Komando ini bermarkas besar di Jl Gunung Sahari Jakarta Pusat, sedangkan Pangkalannya berada di Tanjung Priok, Jakarta. Panglima Koarmabar yang sekarang menjabat adalah Laksamana Muda TNI Sadiman ,S.E] menggantikan Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan ,M.P.A.,M.B.A Laksamana Muda TNI Laksamana Muda TNI Sadiman ,S.E secara resmi menjabat Panglima Komado Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) m setelah dikukuhkan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Soeparno dalam suatu upacara serah terima jabatan di Lapangan Arafuru Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Kamis 21 Juni 2012. Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan ,M.P.A.,M.B.A sekarang menjabat sebagai Asops Kasal.

2. Komando Armada Timur

Komando Armada RI Kawasan Timur atau disingkat Koarmatim adalah salah satu Komando Utama TNI Angkatan Laut. Komando ini bermarkas besar di Surabaya, Jawa Timur. Panglima Koarmatim yang sekarang menjabat adalah Laksamana Muda TNI Drs. Agung Pramono,S.H. M.Hum. Ia menggantikan Laksamana Muda TNI Ade Supandi,S.E.

3. Komando Lintas Laut Militer

Komando Lintas Laut Militer atau disingkat Kolinlamil adalah salah satu Komando Utama TNI Angkatan Laut. Komando ini bermarkas besar di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kolinlamil dibentuk sejak tanggal 1 Juli 1961 dengan nama Djawatan Angkutan Laut Militer (DALMIL). Panglima Kolinlamil yang sekarang menjabat adalah Laksda TNI S.M. Darojatim Kolinlamil adalah Komando Utama (Kotama) Pembinaan dan Operasional. Dalam bidang pembinaan Kolinlamil berkedudukan langsung di bawah KASAL, sedangkan dalam bidang operasional berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI.

4. Korps Marinir

Korps Marinir Republik Indonesia merupakan kekuatan pemukul dan pendarat TNI-AL. Secara garis besar Korps Marinir bertugas merebut kedudukan pantai musuh, mengamankan obyek fital TNI-AL dan melaksanakan tugas-tugas pertahanan negara lainnya.

Berdasarkan rencana pengembangan kekuatan TNI-AL yang baru saja disusun untuk jangka waktu 2005-2024, kekuatan Korps Marinir (Kormar) akan ditingkatkan baik dari segi struktur maupun kekuatan fisik. Saat ini jumlah personel marinir sekitar 17.000 orang, sehingga menimbulkan gurauan di kalangan militer sendiri bahwa dengan jumlah pulau di Indonesia yang juga lebih kurang 17.000 buah, maka tiap personel marinir bertugas mengamankan satu pulau. Jumlah ini pada masa depan akan ditingkatkan hingga 60.000 personel.

Dalam rencana pengembangan, akan ada tiga pasukan marinir (Pasmar), yaitu kesatuan induk yang melekat di tiap komando wilayah laut (Kowilla), 2 brigade marinir berdiri sendiri, 1 komando latihan marinir dan 5 pangkalan marinir ditambah 11 batalyon marinir pertahanan pangkalan. Dankormar saat ini dijabat oleh Mayjen TNI Mar A. Faridz Washington.

5. Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut

Kobangdikal merupakan salah satu komando utama di jajaran TNI Angkatan Laut. Sejak 12 Mei 2007, berubah namanya dari Komando Pendidikan Angkatan Laut (Kodikal) menjadi Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal). Saat ini Dankobangdikal dijabat oleh Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo.
6. Akademi Angkatan Laut

Akademi Angkatan Laut (disingkat AAL) adalah sekolah pendidikan TNI Angkatan Laut di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Akademi Angkatan Laut mencetak perwira TNI Angkatan Laut. Secara organisasi, Akademi Angkatan Laut berada di dalam struktur organisasi TNI Angkatan Laut, yang dipimpin oleh seorang Gubernur Akademi Angkatan Laut. Gubernur AAL saat ini dijabat oleh Laksda TNI Herry Setianegara, S.sos, S.H, M.M lulusan AAL angkatan 29 tahun 1983 dan Wakil Gubernur AAL Laksma TNI Achmad Taufiqoerohman, M,S.E lulusan AAL 31 tahun 1985.

7. Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut

Seskoal adalah lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi di lingkungan TNI Angkatan Laut. Saat ini Komandan Seskoal adalah Laksda TNI Arief Rudianto, SE dan Wakil Komandan Seskoal adalah Laksma TNI
Instagram
7 Komando Utama TNI Angkatan Laut Indonesia
ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Read another article:

Gunakan bahasa yang sopan, untuk meninggalkan komentar anda!!
Use polite language, to leave your comment!!

Line/ig/Fb/tweet: JasondaLazuardy

0 komentar:

Poskan Komentar

leave comment