Home » » 7 Penyebab Kanker Usus Besar

7 Penyebab Kanker Usus Besar


Instagram


7 Penyebab Kanker Usus Besar - Kanker usus besar merupkan kanker yang menyerang usus besar manusia banyak faktor yang menyebapkan terjadinya kanker usus salah satunya adalah dari makanan, Kankerr usus merupakan kanker yang berbahaya jika tidak cepat diobati maka kanker usus besar akan mengancam nyawa manusia. Nah berikut ini ada beberapa penyebab kanker usus besar yanh harus kamu ketahui. Ingin tahu apa aja itu simak 5 Penyebab Kanker Usus Besar simak berikut ini.

1. Makanan (Diet)

Diet atau makanan menjadi salah satu faktor risiko penting dalam timbulnya kanker usus. Pengaturan terhadap makanan menjadi salah satu hal yang penting untuk mencegah timbulnya kanker ini.

Meskipun tidak ada makanan yang dapat mengakibatkan kanker, makanan yang kita makan dapat meningkatkan risiko terkena kanker usus karena sisa makanan pada proses pencernaan akan melewati usus atau usus besar, tandas Susan Cohan Kasdas dari Colon Cancer Foundation.

Ketika melewati usus besar, sisa makanan akan bersinggungan dengan sel-sel usus besar sehingga senyawa-senyawa karsinogenik yang terdapat dalam sisa makanan dapat mempengaruhi sel-sel tersebut.

2. Makanan tinggi lemak

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak seperti fast food dan gorengan adalah salah satu penyebab kanker usus. Selain gaya hidup, polip pada usus juga dianggap meningkatkan resiko penyakit kanker ini.

3. Bakteri dalam makanan

Menurut Physicians Committee for Responsible Medicine, bakteri juga memiliki peranan dalam timbulnya kanker usus. Bakteri dapat mengubah asam empedu, yang dikeluarkan oleh tubuh untuk membantu pencernaan lemak, menjadi suatu senyawa-senyawa yang dapat memicu kanker.

Senyawa-senyawa tersebut disebut sebagai asam empedu sekunder. Asam empedu secara normal dikeluarkan oleh tubuh untuk mencerna lemak. Semakin banyak lemak yang dikonsumsi, maka asam empedu yang dikeluarkan oleh tubuh akan semakin banyak pula.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika beberapa bahan makanan yang banyak mengandung lemak seperti daging merah, serta daging dan makanan olahan lain yang berkadar lemak tinggi seperti keju, dapat meningkatkan risiko kanker usus.

4. Minuman alkohol

Konsumsi alkohol juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker usus seperti halnya makanan yang kaya akan gula, menurut World Cancer Research Fund.

Penggantian protein atau lemak hewani dengan protein atau lemak nabati dapat mencegah asupan kalori sehingga dapat menurunkan risiko obesitas yang merupakan salah satu faktor risiko dari kanker usus.

5. Faktor Keturunan

Faktor keturnan merupakan faktor utama penyebab kanker usus besar keluarga yang memiliki riwayat memiliki kanker usus besar beresiko mengidap kanker usus besar lebih besar dibandingkan dengan riwayat keluarga yang tidak memiliki kanker usus besar.
Instagram
7 Penyebab Kanker Usus Besar
ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Read another article:

Gunakan bahasa yang sopan, untuk meninggalkan komentar anda!!
Use polite language, to leave your comment!!

Line/ig/Fb/tweet: JasondaLazuardy

0 komentar:

Poskan Komentar

leave comment