Home » » Cara Kunang-kunang Menghasilkan Cahaya

Cara Kunang-kunang Menghasilkan Cahaya


Instagram


Cara Kunang-kunang Menghasilkan Cahaya
- Cahaya redup dari kunang-kunang membuat orangmerinding. Proses yang membuat serangga ini menyala ternyata sangatmenakjubkan. Terdapat lebih dari dua ribu spesies kunang-kunang atau seranggapetir yang sebenarnya kumbang bersayap ini. Serangga ini biasanya hanya munculdi musim panas karena mereka berkembang di lingkungan hangat dan tropis.

Mekanisme cahaya kunang-kunang memilikibeberapa tujuan. Kunang-kunang bersinar ketika masih berupa larva kecil. Kedippucat kunang-kunang merupakan peringatan bagi predator. Menurut studi penelitiTufts University, larva kunang-kunang banyak mengandung bahan kimia yangmerupakan racun bagi hewan dan manusia. Lalu apa yang membuat mereka bersinar?

Menurut peneliti Harvard Medical School,cahaya itu merupakan hasil pencampuran oksigen, pigmen yang disebut luciferin,enzim luciferase, bahan kimia adenosine triphosphate (ATP) yang menyediakan selenergi. Kristal asam urat yang terletak dalam sel diaktifkan untuk membuatcahaya dan bertindak sebagai lapisan reflektif dan cahaya dari badan serangga.

Namun, pola kedip perut kunang-kunang itumasih tetap menjadi misteri karena ilmuwan tak yakin apakah pola itudikendalikan oleh sel-sel saraf serangga atau suplai oksigen. Ilmuwan hanyamengetahui kegunaan kedipan itu, kunang-kunang dewasa mengirim sinyalintermiten yang berbeda untuk menarik perhatian pasangan masa depannya. 
Instagram
Cara Kunang-kunang Menghasilkan Cahaya
ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Read another article:

Gunakan bahasa yang sopan, untuk meninggalkan komentar anda!!
Use polite language, to leave your comment!!

Line/ig/Fb/tweet: JasondaLazuardy

1 komentar:

leave comment