Home » » Cara Membuat Stempel Asli Bahan dari Karet Runaflek

Cara Membuat Stempel Asli Bahan dari Karet Runaflek


Instagram

Cara Membuat Stempel Asli Bahan dari Karet Runaflek
Tutorial CorelDraw


Kalau Mas Bro sekalian sudah cupet, cari kerja sulit skil minim, mau bunuh diri takut mati... hehehe... jangan ah..!.. ini aku ada saran buat sampeyan yang lagi bingung, yaitu menciptakan lapangan kerja untuk diri sendiri, mudah dipelajari biaya murah hasilnya hemm.. luar biasa, yaitu buat stempel... dengan buat kedai kecil dipinggir jalan raya sudah bisa cari duit nii..!,
Buat stempel tidak seperti dulu, rumit banyak proses, pake dicukit lah, ada yang di press, buat cetakan master dulu pake bonit, trus buat cetakan lagi pake gip... hemmm rumit!!! tapi sampeyan tidak perlu kuwatir, sekarang ada cara buat stempel yang simpel dan sederhana dalam pengerjaannya yaitu stempel dengan bahan Karet (polymer) "RUNAFLEK" sampeyan ingat-ingat itu.. biar tidak lupa kalau belanja untuk peralatan Stempel, biasnya karet ini tersedia pada toko peralatan percetakan dan sablon, perkiraan harga Karet Stempel Runaflek 1 lembar ukuran A4 : 110.000, Kayu Stempel 3,5 cm : 5.000, dalam setiap pembelian karet Runaflek telah dilengkapi dengan gabus dan mika.

Terlalu lama basa-basinya ya.., OK..! berikut ini adalah cara membuat Stempel menggunakan Karet Runaflek

Bahan :
  1. Gambar dalam kertas kalkir
  2. Karet Runaflek
  3. Thinner A
  4. Bensin
  5. Kayu Stempel
  6. Double tip
Alat :
  1. Papan triplek atau kayu datar untuk Alas
  2. Kaca untuk tutup
  3. Sikat Gigi
  4. Gelas takaran
  5. Gelas / Mangkuk
Cara Kerja :
  1. Buat design Stempel menggunakan program  CorelDRAW
  2. Cetak hasil design sampeyan dalam kertas kalkir kalau punya printer laser jet atau cetak dengan printer diskjet dengan kertas biasa lalu foto copy dalam kertas kalkir, atau langsung cetak dengan mika  (plastik transparan) yang khusus untuk mencetak dengan printer diskjet, banyak tersedia dipasaran, syarat utama kalau menggunakan mika bigitu selesai proses ngeprint langsung sampeyan keringkan, yang paling mudah menggunakan setrika dengan posisi mika dibawah setrika dengan jarak kira-kira 2 cm antara srika dengan mika film, kalau nggak gitu ada kemungkinan hasil cetakan akan mblobor!!!
  3. Siapkan papan triplek dan kaca pada tempat yang datar dan tertutup / gelap.
  4. Pasang karet runaflek diatas papan tersebut dengan ketentuan posisi karet sebagai berikut : gabus, karet dan paling atas mika.
  5. Gabus bisa disimpan dan mika yang atas bisa dilepas dan nanti digantikan oleh kaca
  6. Perhatikan posisi karet jangan sampai terbalik, posisi yang agak kaku ditaruh dibawah dan yang tadi ada dibawah mika ditaruh diatas.
  7. Taruh gambar yang ada dikertas kalkir tadi di atas karet runaflek dengan posisi terbalik, karena gambar nanti akan tercetak terbalik dan bila digunakan akan tercetak benar.
  8. Tutup dengan kaca bening dan jemur/panaskan pada cuaca panas kurang lebih 15 - 20 menit.
  9. Sambil menjemur karet tadi siapkan Larutannya, larutan bensin dengan larutan thiner 1 : 1 dicampur dalam gelas.
  10. Setelah kurang lebih cukup dalam penjemuran angkatlah karet tersebut dan lepas kaca, gambar kalkir dari papan.
  11. Ambil Karet tersebut dan gosoklah dengan sikat dengan menggunakan cairan larutan tadi pada bagian atas karet.
  12. Gosok terus sampai muncul gambar pada permukaan karet tersebut.
  13. Setelah selesai keringkan, lalu potong sesuai dengan bentuk stempel.
  14. Pasang karet tersebut dengan gabus yang telah disediakan tadi dengan menggunakan double tip.
  15. Setelah itu pasang gabus yang sudah tertempel dikaret tadi dengan kayu stempel dengan lem castol.
  16. Coba pada papan tatakan stempel,
  17. Dan lihat hasilnya, nah... ada penampakan ya..?
 Gambar Cara Afdruk-nya seperti gambar dibawah ini;



OK.. selamat berwirawasta, dengan menciptakan lapangan kerja baru, minimal sudah mengurangi 1 orang pengangguran.

untuk menghemat biaya untuk film sampeyan bisa buat sendiri, Desain yang umun seperti gambar dibawah ini;




Untuk film dari bahan karet Runaflek harus di buat negatif, caranya seperti gambar dibawah ini, yaitu buat lingkaran beri warna (fill) putih sebagai backgroud pada desain stempel yang sudah kita buat, kemudian pada Menu Bar --> Effects -->Transform --> klik Invert


Maka hasilnya seperti dibawah ini

Instagram
Cara Membuat Stempel Asli Bahan dari Karet Runaflek
ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Read another article:

Gunakan bahasa yang sopan, untuk meninggalkan komentar anda!!
Use polite language, to leave your comment!!

Line/ig/Fb/tweet: JasondaLazuardy

4 komentar:

  1. Ilmu yg sangat bermanfaat gann

    BalasHapus
  2. wah ada juga yang sharing tutorial stempel. berkunjung juga di blogku gan. ada semua tutorial stempel gratis, klik aja disini

    BalasHapus
  3. ane juga bisa kalo bikin stempel kaya gitu mah

    BalasHapus
  4. setelah di invert hasilnya kok ga seperti diatas ya gan?

    BalasHapus

leave comment