Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek dari keseringan gunta-ganti template blog

Manusia itu selalu menginginkan yang terbaik
Bercerita tentang template saya punya pengalaman yang membuat saya sedikit kecewa....
satu waktu saya pernah mengganti template blog ini hingga belasan kali dalam satu hari. Memang banyak himbauan agar kita tidak perlu menggonta-ganti template blog yang kita punyai karena berdampak buruk pada SEO. Namun, apa yang saya lakukan hanya melakukan sedikit eksperimen dan pembuktian saja. Pembaca, yang baru memulai aktivitas blogging sebaiknya perlu memperhatikan efek dari gonta ganti tamplate.

blogger

Menggont-ganti template memang membuat blog kita semakin menarik tapi..... ada efeknya juga

Kenapa ada efeknya?
Efek tesebut terjadi karena kita akan menambahkan beberapa link dan mengganti beberapa link diblog sehingga terjadi crawled error pada blog semakin bertambah.

Saya akan bercerita pengalaman saya tentang gonta ganti tamplate. Tetapi, saya ringkas menjadi point-point yang mungkin bisa menjadi referensi buat pembaca sebelum mengganti template blog pembaca. Efek samping gonta-ganti template adalah sebagai berikut :
  1. Banyak broken link
    Broken link atau link yang rusak menjadi faktor utama kenapa gonta-ganti template itu tidak baik bagi blog kita. Admin blog sering mendapati di webmaster bahwa blog ini semakin banyak broken linknya setelah gonta-ganti tamplate.
  2. Turunnya trafficking visitor ke blog kita
    Screenshot pengunjung blog
    Lihat di periode 16 Juli 2012 hingga ke 21 Juli 2012, anjoglnya trafficking ke blog ini begitu terasa. saya juga sempat ketar-ketir. kok bisa turun drastis, padahal kala itu sedang naik-naiknya. tapi, Alhamdulillah sudah naik lagi bahkan lebih tinggi dari semula
  3. Robot pencari, akan mengalami "kebingungan" dan Susah terindex
    Template ibarat sebuah rumah, jika dirubah-rubah efeknya dapat membuat robot pencari susah meng index situs kita. Karena si robot akan membaca ulang susuan situs kita. Kalau dibahasa kerenkan SE mengalami crawl (aktifitas dimana seacrh engine melakukan pengumpulan data pada blog atau lebih singkatnya melakukan pengindexan terhadap blog dan memberikan peringkat serta menyusun dan menata halaman dalam bentuk index terstruktur agar lebih mudah dicari dalam waktu singkat)
  4. Alexa Rank Blog bisa terjun bebas
    Ini momok tidak kalah penting, yang saya alami, gan... Alexa sebagai indikator kualitas situs kita terjun bebas gan dari posisi sebelumnya... tetapi sekarang Alhamdulillah mulai bangkit lagi, moga aja bisa ke level terbaiknya... 
  5. Membuang-buang waktu
    Secara nyata mengganti tamplate membuat waktu ideal kita untuk mempostingkan sebuah artikel jadi terbuang sia-sia karena kita sibuk melakukan setting awal, seperti kala kita memulai blogging diawal kita menjadi blogger dulu.
  6. Pengunjung menjadi sering menemukan blog kita dalam kondisi yang tidak sedapIni adalah imbas dari kita yang sedang melakukan perbaikan di blog kita. Pengunjung akan mendapati blog kita dalam kondisi yang kadang bisa dikatakan Error. Parahnya lagi pengunjung akan mengalami kebingungan dengan blog kita.
  7. Loading Blog menjadi lebih lama
    Momok ini lah yang kadang menjadi menakutkan karena pada dasarnya kita menginginkan blog kita selain sedap dipandang mata juga memiliki loading yang singkat (syukur-syukur baru klik langsung buka)
  8. Widgate yang susah dibuang kadang ikut terbawa
    Widgate bawaan tamplate yang mungkin saja susah dibuang seperti widgate ads atau yang lainnya biasa saja ikut terbawa dan membuat kita harus mengedit blog lebih lama lagi
  9. Widgate yang sudah tertanam menjadi kacau
    Inilah efek umum yang sering dialami. widgate di template lama sering menjadi kacau akibat susunan dari template baru yang tidak sesuai dengan susunan di template lama
Itulah konsekuensi yang harus kita tanggung ketika kita menggonta-ganti tamplate blog dan itu pun sudah pernah saya lakukan. mungkin bagi pengunjung yang baru berkunjung di blog ini meresa biasa saja.Tetapi, bagi pengunjung yang sering menemukan blog ini pasti akan sedikit mengalami kebingungan. 

8 comments for "Efek dari keseringan gunta-ganti template blog"

  1. wah, keren artikelnya gan.
    bermanfaat banget.
    jangan lupa komen backnya di http://adeputra-pkp.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Apa kabar sobb..??
    maap ye gw baru mampirr..

    gw sibuk PKL hehehehe...

    Nanti kalo gw udah beli laptop bakal sering mampir di postingan lu dah...

    Oke oke..??

    ngomong-ngomong keren juga postingan nya..

    ReplyDelete
  3. Artikelnya bermanfaat bagi sy!! dan sy sebagai pemula tdk akan menggonta-ganti lagi template blog sy!!

    ReplyDelete
  4. wah , nice info gan... infonya sangat bermanfaat ;)

    ReplyDelete
  5. visit and me blog !!!
    www.asfa-id.blogspot.com

    ReplyDelete

leave comment