Home » » 10 Tips Puasa Asyik Untuk Para Gamer

10 Tips Puasa Asyik Untuk Para Gamer


Instagram

FS.inc: Deda, Sunan, Jonathan, & Jasonda (Staff & CM).
10 Tips Puasa Asyik Untuk Para Gamer.
Tidak terasa, bulan Ramadhan akhirnya bersiap untuk kembali menyambut kita. Kesempatan untuk menjajal kembali hidup dalam kualitas keimanan yang lebih baik ini memang bukan pekerjaan mudah.  Harus berhadapan dengan serangkaian godaan yang tak ubahnya sebuah ujian, mengubah rutinitas sehari-hari untuk beradaptasi dengan kondisi tanpa makan dan minum memang membutuhkan strategi tersendiri. Apalagi mengingat kita senantiasa dituntut untuk menghasilkan performa yang sama di setiap aktivitas yang dilakukan. Oleh karena itu, cara-cara efektif untuk membuat waktu berlalu lebih cepat tentu menjadi sesuatu yang krusial. Salah satu metode terbaik? Tidak lain dan tidak bukan, gaming!

Mohon Maaf Lahir & Batin. Img by Irvan-id

Menikmati kesenangan dalam batas maksimal, senantiasa tertantang, terserap dalam cerita yang ditawarkan, hingga berjuang untuk menyelesaikan quest yang tidak kunjung habis, bermain video game memang menjadi salah satu cara terbaik untuk menghasilkan efek time-wrap. Anda bisa melewati waktu dengan ekstra cepat, yang sekaligus membuat Anda melupakan rasa lelah, lapar, dan haus sebagai efek dari berpuasa. Walaupun demikian, ada beberapa catatan yang pantas untuk diperhatikan sebelum terlibat dalam aktivtas yang satu ini. Semuanya tentu saja untuk memastikan satu hal: bahwa gaming akan mendukung kegiatan berpuasa Anda dan bukannya muncul sebagai godaan yang justru meluluhlantakkan hal tersebut. Pantas dan membantu Anda untuk membuat waktu terasa lebih cepat? Ada beberapa tips yang kami rangkum untuk membantu Anda mencapai efek optimal untuknya.

Jadi, apa saja 10 tips puasa asyik untuk para gamer?


1. Hindari Game Dengan Tingkat Kesulitan Tinggi
Point Blank Online

Naluri gaming Anda hanya bisa terpuaskan dengan memainkan game-game super sulit? Anda bahkan mendefinisikan diri Anda sebagai gamer hardcore? Memasuki bulan suci yang menuntut Anda untuk mengendalikan emosi, khususnya amarah, menjadi pilihan yang bijak untuk menghindari game-game yang memang dikenal menawarkan tingkat kesulitan yang tinggi seperti ini. Mengapa? Karena besar kemungkinan rasa kesal yang harus Anda hadapi ketika terjebak dalam level atau musuh yang sama berulang kali berpotensi menimbulkan amarah, dan yang akhirnya seringkali diekspresikan lewat tingkat laku ataupun kata-kata kasar. Pilihlah game yang masih bisa “dinikmati” secara tenang selama menjalani bulan Ramadhan.


2. Phone a Friend!
For Success member

Berapa banyak dari Anda yang saat ini lebih sering menghabiskan waktu dengan bermain game secara single player? Walaupun efektif untuk menghasilkan efek time-warp, namun bermain game bersama teman dalam mode kooperatif maupun kompetitif akan membawa efek ini jauh lebih efektif. Bertanding bersama di game-game olahraga seperti Point Blank misalnya, atau mungkin bertempur bersama di game ala Gears of War atau Army of Two akan membantu Anda melewati waktu lebih cepat. Video game mungkin memainkan peran, namun kesempatan untuk berinteraksi dengan sang teman lah yang akan membantu Anda menghabiskan waktu lebih cepat.Anda bisa saling berbagi cerita, saling mengejek, tertawa, melemparkan lelucon, atau sekedar berkoordinasi untuk menyelesaikan game bersama. Tidak terasa, Anda akan menemukan diri Anda tengah menanti waktu berbuka puasa dalam waktu beberapa menit ke depan.


3. Belajar dari Para Professional
Professional Gamer

Memainkan dan menyelesaikan game tentu saja bukan pekerjaan yang terbilang sulit. Anda hanya tinggal menggenggam kontroler atau memastikan jari-jari Anda menari indah di atas keyboard untuk mengeksekusi beragam gerakan dan serangan paling mematikan. Tujuannya sederhana, menyelesaikan atau memenangkan game apapun yang Anda mainkan. Pertanyaannya kini, sudahkah Anda melakukannya dengan cara yang paling baik dan benar? Ketika kebosanan melanda, Anda bisa menuju ke situs video ternama seperti Youtube untuk melihat bagaimana gamer professional memperlihatkan skill mereka masing-masing. Selain disuguhi dengan performa gaming yang mungkin akan memukau Anda, menonton turnamen internasional seperti ini biasanya juga akan menghasilkan insipirasi untuk gaya bermain Anda di kemudian hari. Membantu Anda berkembang, tetapi sekaligus juga membantu Anda melewati hari, memanfaatkan video gaming di Youtube merupakan alternatif yang menarik untuk dijajal.


4. Tentu saja, Singkirkan Semua Makanan / Minuman!
Tahan makan saat puasa

Apalah artinya berpuasa jika pada akhirnya Anda harus menyerah untuk makan dan minum sebelum berbuka? Masalahnya, ketika Anda terserap begitu dalam di permainan yang tengah Anda geluti, otot Anda seringkali bergerak secara otomatis, tanpa Anda sadari. Kondisi tubuh yang masih beradaptasi dengan rutinitas yang baru dan ketidaksadaran inilah yang mungkin berujung pada blunder besar ini. Bukannya tidak mungkin, ketika Anda begitu asyiknya berusaha menyelesaikan sebuah game dengan fokus pikiran untuk mengalahkan boss yang sulit, tubuh yang tengah kekurangan pasokan energi tiba-tiba memerintahkan tangan untuk mengambil makanan yang berada dalam jangkauan dan memasukannya ke dalam mulut. Semuanya terjadi sebelum Anda sempat mengeluarkan kata “Ups..” dari mulut Anda. Akan jauh lebih aman, jika Anda tidak memberikan tubuh kesempatan, tentu saja dengan memastikan lingkungan gaming Anda jauh dari jangkauan makanan dan minuman.


5. Pilih Game dengan Quest Tanpa Batas
Warcraft 3

Semua video game tentu saja mampu memunculkan efek time-warp, apalagi jika Anda tengah memainakn game-game yang Anda senangi. Namun harus diakui ataupun tidak, ada beberapa game yang memang didesain untuk membuat Anda melupakan waktu dengan sangat mudah. Ciri-ciri utama? Mereka menawarkan desain mekanik dengan  quest yang seolah tidak terbatas, atau membutuhkan waktu yang panjang untuk diselesaikan. Sebuah game yang akan membuat otak Anda terus menuntut Anda untuk bertahan 5 menit lagi, satu level lagi, satu wilayah lagi, satu item lagi, dan seterusnya. Game-game seperti Civilization, The Sims, Warcraft 3, Point Blank, atau Heroes: Might & Magic termasuk salah satu yang paling efektif melakukan hal ini.


6. Bergabung di Game Online Kompetitif
Need for speed world

Selain game-game yang menyediakan segudang quest yang akan menarik Anda untuk terus bermain, efek yang serupa juga mampu dimunculkan oleh game-game yang memang difokuskan untuk menghasilkan pengalaman multiplayer secara kompetitif. Apa pasal? Pengalaman bermain yang tidak pernah sama dari satu sesi ke sesi lainnya tidak akan membuat game seperti ini terasa monoton. Baik kalah ataupun menang, Anda akan merasa terdorong untuk kembali menjajalnya di sesi selanjutnya, sembari berkeinginan untuk tampil sebagai yang terbaik atau membawa tim Anda menuju kemenangan. Game tipikal dengan genre Car Race seperti NFS: World lebih banyak peminat untuk para gamer saat ini.


7. Get your Mobile Gaming Ready!
Temple run ready WP

Bagaimana jika Anda berhalangan untuk tetap tinggal di kamar dan memainkan game-game PC atau konsol andalan Anda? Bagaimana jika kondisi memaksa Anda untuk keluar rumah dan memaksa Anda untuk menjauhkan diri dari beragam platform kesayangan? Anda tentu bisa mengandalkan varian smartphone saat ini untuk menghasilkan efek yang sama. Walaupun game-game kelas berat kini mulai memenuhi dunia game mobile, namun inti dari platform ini tetaplah game-game casual menyenangkan yang siap untuk membuat Anda melewati hari dengan cepat. Ada ratusan game casual yang dapat Anda pilih dan jajal, bahkan sebagian besar diantaranya ditawarkan secara cuma-cuma lewat portal game OS masing-masing. Memainkan Temple Run, menghadapi setiap chapter Plant Vs Zombies, atau sekedar terlibat petualangan epik ala Inotia akan cukup untuk menyita waktu Anda.


8. Cicipi Kembali Seri-Seri Klasik
Toy story racer

Anda yang rutin mengikuti Jagat Play tentu tidak asing lagi dengan salah satu rubik andalan kami – NostalGame yang akan membawa Anda ke dalam kapsul waktu dan kembali mengenang franchise-franchise raksasa di masa lalu. Bagi Anda yang kebetulan sudah kehabisan bahan untuk dijajal selama menjalani bulan puasa, opsi yang satu ini tampaknya menarik untuk dijadikan alternatif pilihan. Tidak hanya sekedar nuansa nostalgia, namun tidak sedikit game klasik yang masih mampu menawarkan kualitas gameplay dan visualisasi yang relevan hingga saat ini, bahkan beberapa mampu tampil lebih baik. Membersihkan dan menghidupkan kembali konsol lawas Anda atau sekedar mengunduh emulator yang tersebar luas di dunia maya, mencicipi kembali seri klasik seperti akan membantu Anda melewati bulan puasa dengan optimal.



9. Harus Jauh Lebih Selektif
Seven sins play

Dengan berbagai pantangan yang harus Anda lewati selama menjalani bulan puasa ini, Anda tentu saja harus lebih selektif untuk memilih game yang hendak Anda mainkan. Tidak hanya sekedar memastikan bahwa emosi ini tidak akan terbawa karena tingkat kesulitan yang ada, Anda juga harus memilah-milah mana saja game yang menawarkan konten yang mungkin tidak pantas untuk dimainkan selama menjalani Ramadhan. Seperti yang kita tahu, para developer saat ini memang tidak segan untuk menyuntikkan konten-konten ketelanjangan dan brutalitas secara eksplisit. Tidak hanya ketelanjangan total, desain karakter sensual yang mungkin akan meningkatkan insting binatang Anda secara otomatis juga menjadi pemandangan umum yang tidak bisa dihindarkan dari industri game. Oleh karena itu, akan jauh lebih baik jika Anda mulai menyeleksi game-game yang pantas. Sementara jika Anda memang sudah memiliki game-game “nyeleneh” di library game Anda, ada baiknya Anda mulai uninstall atau menyembunyikannya untuk meminimalisir godaan yang ada.


10. Ingat Istirahat!
Main game begadang

Bermain game mungkin menjadi salah satu aktivitas paling santai dan menyenangkan yang bisa Anda lakukan, walaupun demikian, kebutuhan untuk mendapatkan efek time-warp bukan berarti Anda bisa melakukannya dalam level yang eksesif. Energi yang berkurang untuk beraktivitas tentu akan membuat koordinasi mata-tangan dan konsentrasi Anda tidak berada dalam kondisi yang paling optimal, sehingga menimbulkan performa dalam kualitas yang tidak Anda inginkan. Oleh karena itu, daripada terus memaksakan diri untuk terlibat gaming dalam keadaan lelah, ada baiknya Anda beristirahat sejenak untuk menghemat tenaga terbatas yang sudah Anda curahkan untuk memastikan karakter Anda terus hidup dan beraksi. Selalu utamakan istirahat daripada game yang Anda mainkan.

Di atas adalah 10 tips yang kami anggap akan membantu gamer yang menjalani Ramadhan secara maksimal, membuat bulan suci yang satu ini tetap menantang, tetapi sekaligus juga menyenangkan. Walaupun demikian, ada beberapa hal yang tentu saja perlu Anda perhatikan jika dibandingkan dengan rutinitas yang Anda jalani selama hari-hari biasa, termasuk menyortir konten, menghemat lebih banyak tenaga, dan tentu saja memastikan diri Anda tidak terlibat dalam emosi yang negatif selama menjajalnya.

Walaupun pemerintah belum memberikan kepastian yang jelas terkait hari pasti awal Ramadhan sejak artikel ini ditulis, namun izinkan kami dari segenap kru Jagat Play mengucapkan “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa” untuk gamer yang akan mulai menjalaninya esok hari ataupun lusa.


Rewriting from Jagatplay
Instagram
10 Tips Puasa Asyik Untuk Para Gamer
ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Read another article:

Gunakan bahasa yang sopan, untuk meninggalkan komentar anda!!
Use polite language, to leave your comment!!

Line/ig/Fb/tweet: JasondaLazuardy

5 komentar:

  1. Wahh sangat bermanfaat buat para gamer nih terima kasih ya :d

    kunjungan balik gan

    BalasHapus
  2. Saya lebih suka main NFSW hihihihihi... :d

    BalasHapus
  3. judulnya apa tuh game yg ++ :v

    Kunjungan balik gan dari newbie :3

    BalasHapus

leave comment