Home » » Mini 4WD Beserta Sejarah perkembangannya

Mini 4WD Beserta Sejarah perkembangannya


Instagram

Mini 4WD merupakan mobil balap mainan dengan skala 1:32 yang terbuat dari bahan plastik, menggunakan sumber energi dari 2 buah baterai AA dan menggunakan motor listrik DC sebagai penggeraknya . Mobil balap mainan Mini 4WD ini berjalan tanpa dikendalikan oleh remote control pada lintasan khusus, oleh karena itu pada sisi mobil Mini 4WD dilengkapi dengan roler untuk menjaga mini 4WD agar tidak keluar lintasan dan untuk memperlancar jalannya mobil mini 4WD di lintasan. Contoh Mini 4WD yang ada dipasaran dapat dilihat pada gambar mini 4WD berikut.

Contoh Bentuk Mini 4WD

mini 4WD,tamiya,tamiya mini 4WD,mini4WD,sejarah mini4wd,tipe mini 4wdtamiya speed,tamiya indonesia,tamiya toys
Contoh Mini 4WD

Sejarah Mini 4WD

Mini 4WD pertama kali dibuat oleh perusahaan jepang Tamiya pada tahun 1982 dengan berbagai tipe mobil balap mainan. Sejak saat itu mobil balap mainan (Mini 4WD) ini berkembang ke seluruh dunia dan menjadi hobby bagi masyarakat di dunia, oleh karena itu mobil balap mainan mini 4WD ini sering juga disebut dengan istilah “TAMIYA”.
Selain Tamiya ada beberapa perusahaan lain yang ikut memproduksi mobil balap mainan mini 4WD seperti Tokyo Marui, Kyosho, Academy, Auldey, Okamy, Gokey, HJH, Twink, AA dan Aoda. Dengan banyaknya perusahaan yang ikut memproduksi mobil mini 4WD ini maka semakin banyak merk yang beredar di pasaran. Kebanyakan dari produksi perusahaan-perusahaan selain tamya ini adalah membuat replika dari mini 4WD buatan TAMIYA. Replika atau cloning mobi mini 4WD buatan perusahaan selain Tamiya ini menjadi alternatif pilihan bagi para Hobies mini 4WD karena harga yang jauh lebih terjangkau dari mini 4WD dengan merk Tamiya. Terutama bagi para penggemar mini 4WD dari Philipina, Indonesia, Malaysia, Itali dan Hongkong.
Untuk menambah popularitas mobil balap mainan mini 4WD ini Tamiya membuat film animasi tentang mobil mini 4WD melalui perusahaan film dijepang untuk ditayangkan di televisi. Yang pertama film tentang mini 4WD ini adalah Dash Yonkuro pada tahun 1989 oleh Zaurus Tokuda, kemudian Bakusō Kyōdai Let’s & Go!! pada tahun 1996 dilanjutkan dengan Bakusou Kyoudai Let’s & Go WGP dilanjutkan lagi dengan film Bakusou Kyoudai Let’s & Go MAX dan film terakhir adalah Let’s & Go!! Tamiya.
Sejak 1997 mobil balap mainan mini 4WD ini tersedia di USA dan beberapa toko mainan memasang track untuk mini 4WD. Dimulai dengan balapan mini 4WD oleh Tamiya  untuk tipe Super, Fully Cowled, Aero dan Mighty. Kemudian Tamiya menghentikan produksi mini 4WD tipe tersebut seiring dengan film Let’s & Go! Max karena model yang statis atau tidak ada perkembangan. Untuk tetap mejaga kelangsungan event “Great Japan Cup” yang sempat terhenti pada tahun 1999, maka Tamiya memperkenalkan produk barunya “Dagun Racer” pada tahun 2000. Kemudian dilanjutkan dengan tipe “Mini 4WD Pro” yang perkenalkan pada tahun 2005, tipe ini merupakan tipe yang tercepat. Pada tipe “Pro” ini mesin menggunakan tipe double shaft dan diletakan ditengah untuk menggerakan roda depan dan belakang. Kemudian baterai diletakan di samping mesin, sehingga tingkat keseimbangan mini 4WD tipe “Pro” ini diklaim lebih baik . Kemudian tipe terakhir mini 4WD yang diproduksi oleh Tamiya adalah “Mini 4WD Rev” yang diperkenalkan pada tahun 2012 sekaligus untuk memperingati 30 Tahun lahirnya Mini 4WD.
Sejak tahun 2006 Jepang mengadakan kejuaraan tingkat nasional mini 4WD yang diadakan di Spring, Summer dan Autum pada tiap tahunnya. Dan pada tahun 2012 mobil balap mainan min 4WD ini populer di banyak negara termasuk Amerika Serikat, Kanada, Rusia, Jerman Dan India.
Guinness Book of World Records mencatat lintasan atau track terpanjang untuk mini 4WD ada di jepang pada okotber 2012 dengan panjang 523,61 meter. Kemudian rekor tersebut dilakahkan oleh thailand pada maret 2011 dengan panjang track 1074,5 meter di Centrall World Mall yang disponsori oleh Panasonic pada kejuaraan mini 4WD tersebut.

Mini 4WD
Instagram
Mini 4WD Beserta Sejarah perkembangannya
ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Read another article:

Gunakan bahasa yang sopan, untuk meninggalkan komentar anda!!
Use polite language, to leave your comment!!

Line/ig/Fb/tweet: JasondaLazuardy

0 komentar:

Poskan Komentar

leave comment