Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGARUH UPDATE POSTINGAN BLOG PADA PERINGKAT GOOGLE & ALEXA

PENGARUH UPDATE POSTINGAN BLOG PADA PERINGKAT GOOGLE & ALEXA

Kita setuju bahwa Search Engine Google sangat menyukai blog yang melakukan update konten secara berkala, tapi apakah update konten tersebut akan otomatis mempengaruhi ranking blog tersebut di mesin pencari Google secara keseluruhan? Sampai sekarang belum ada yang bisa mengambil kesimpulan yang pasti mengenai hal ini karena selain konten yang up to date, algoritma Google juga sangat memperhatikan kualitas konten untuk menentukan peringkat sebuah blog di mesin pencari.
Peringkat Google dan Alexa seringkali dijadikan acuan para webmaster untuk menentukan kualitas sebuah blog/ website. Nah pada artikel ini Maxmanroe.com ingin mengulas sedikit tentang pengaruh update postingan sebuah blog pada peringkat Google dan Alexa.

1. Pengaruh Update Blog Pada SERP Google

Banyak anggapan dari kalangan blogger yang mengatakan bahwa blog yang posting setiap hari akan mendapatkan porsi lebih baik di SERP Google. Ternyata anggapan ini tidak sepenuhnya benar lho. Seperti yang pernah diungkapkan oleh Matt Cuts (Head of the webspam team at Google), Google lebih mengutamakan blog dengan konten yang berkualitas pada hasil pencarian search engine mereka.
Pada sebuah video YouTube Matt Cuts mengatakan bahwa akan lebih baik bila pemilik blog fokus pada persiapan konten yang baik, dan bermanfaat bagi pembaca, walaupun membutuhkan lebih banyak waktu, daripada berusaha untuk mengupdate blog mereka dengan konten yang buruk atau ‘apa adanya’. Hal ini tentu tidak berlaku jika blog tersebut tidak diperuntukkan untuk bisnis. Bila Anda ingin blog yang dibangun menjadi sesuatu yang bisa menjadi bisnis yang menghasilkan, maka memperhatikan kualitas konten adalah sebuah keharusan. Blog dengan konten yang memberikan value kepada pembacanya akan sangat mudah mendapatkan rangking yang baik di search engine Google.

Lalu apakah kita hanya fokus pada kualitas konten? Tentu saja tidak. Jumlah artikel yang semakin banyak dengan beragam kata kunci tentunya akan membuka peluang bagi blogger untuk mendapatkan lebih banyak visitor. Jadi, seorang blogger profesional pasti akan memperhatikan up date dan juga kualitas konten yang diposting karena kedua hal tersebut saling berkaitan.

2. Pengaruh Update Blog Pada Ranking Alexa.com

Ranking Alexa berbeda dengan ranking website di search engine Google. Alexa menilai ranking sebuah website berdasarkan beberapa faktor, seperti up date konten, jumlah visitor, page view, aktivitas visitor pada website, dan lain-lain. Walaupun beberapa webmaster bisa mengakali sistem penilaian ranking Alexa tersebut, penilaian dari Alexa pada sebuah website masih dianggap penting.
Alexa memperhitungkan update konten sebuah blog dalam meranking sebuah website, semakin sering Anda update konten maka ranking Alexa nya cenderung akan semakin baik. Jadi, jika ingin ranking Alexa website Anda lebih ‘ramping’ maka disarankan untuk sering-sering mengupdate blog Anda.
Sebaiknya tidak usah terlalu pusing tentang ranking Alexa blog Anda, dan tidak perlu juga sampai memanipulasi ranking Alexa seperti yang dilakukan sebagian blogger. Sebaiknya fokus saja membangun konten yang baik secara berkala, mempromosikan konten Anda dengan teratur, meningkatkan jumlah visitor unik, dengan begitu ranking Alexa blog Anda akan membaik dengan sendirinya.

3. Pengaruh Update Blog Pada Audiens

Blog yang sudah cukup terkenal dan punya pengunjung setia, tentunya melakukan update konten secara berkala menjadi sesuatu yang sangat penting. Bayangkan jika blog Anda tidak ada up date terbaru selama seminggu atau sebulan, padahal pengunjung setia Anda setiap hari membuka blog tersebut. Tentu audiens Anda akan bosan dan kecewa ya, kemungkinan besar mereka akan beralih pada blog lain. Meskipun pengunjung blog Anda banyak berasal dari mesin pencari, konten yang baru dan up to date tetap dibutuhkan. Apalagi jika visitor blog Anda kebanyakan berasal dari referring site atau dari direct visitor.
Selain itu, blog yang memiliki topik tertentu memang wajib selalu up to date, misalnya blog yang membahas tentang topik bisnis, media sosial, blogging, lowongan kerja, selebritis, game, dan lain-lain. Namun ada juga blog yang memang tidak perlu banyak up date, misalnya blog dengan topik pelajaran sekolah yang memang tidak banyak berubah.

Kesimpulan:
Menurut sonzblog update konten itu sangat penting. Namun yang lebih penting lagi adalah membangun konten yang berkualitas dan memberikan value pada pembaca Anda. Konten seperti ini biasanya lebih mudah masuk halaman utama hasil pencarian Google dan lebih tahan lama. Dengan membangun konten yang berkualitas secara konsisten, Anda sudah berpeluang lebih besar mendapatkan ranking yang lebih baik di Google dan Alexa.

10 comments for "PENGARUH UPDATE POSTINGAN BLOG PADA PERINGKAT GOOGLE & ALEXA"

  1. Sangat Bermanfaat Nih Artikel ... Ohh Jadi Jangan Terlalu Banyak Update Post
    Terima Kasih Atas Artikelnya

    http://blogger-newbie10.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. sangat menarik update blog, dan pengaruhnya besar pada seo, komentar balasan ya ke blog saya www.goocap.com

    ReplyDelete
  3. Maaf gan mau nanya....saya kan pake template johny ajaib responsive kayak template yang agan pake ini tpi kok di blog saya kalau ada yang komentar postingan saya, komentarnya ngak muncul di blog saya?? Mohon pencerahannya gan??
    Makasih,, :)

    ReplyDelete
  4. wah maksih infonya blogwalking ya
    http://avroart.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. Dulu blog saya tidak saya update selama sebulan lebih tetapi malah dapat hadiah page rank 1 dari google... itu gmana ya? tapi sekarang blog itu udah isinya spam semua, jadi malas buat kembangin lagi...

    ReplyDelete
  6. Mantap gan artikelnya, jangan lupa mampir di blog baru saya
    http://nitrixblog.wordpress.com

    ReplyDelete
  7. new bie nyimak master hhee




    setiyowibowosebelas.blogpot.com/

    ReplyDelete
  8. Keren mas tutorialnya,,masukan banget buat saya :)
    kunjungi balik juga y,,, :)

    ReplyDelete
  9. Informasi yang bermanfaat, terimaksih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  10. ijin nyimak gan...kunjungi balik ya..mksih

    ReplyDelete

leave comment